Tak peduli betapa inginnya Anda mendapatkan sebuah pekerjaan, jangan pernah berpikir untuk berbohong dalam menulis CV.
1.
Pertama,
jika Anda mendapatkan pekerjaan itu, Anda bisa langsung kehilangan pekerjaan
itu setelah kebohongan Anda terbongkar.
2.
Kedua, itu
risiko besar. Sebagian besar perusahaan melakukan pemeriksaan latar belakang,
memverifikasi gelarnya dan mengonfirmasi pekerjaan terakhir Anda.
3.
Ketiga,
reputasi Anda dipertaruhkan: "Integritas adalah segalanya bagi pengusaha,
jadi jangan sampai mereka mempertanyakan diri Anda," kata Kevin Rosenberg,
dari perusahaan pencari tenaga kerja di California.
Ketujuh kriteria yang sering muncul tersebut meliputi :
1.
Posisi pekerjaan sebelumnya
Orang terkadang menambah-nambahi posisi
pekerjaan untuk menaikkan kompensasi atau senioritas, tetapi bisa menjadi
bumerang, kata Rosenberg. Jika Anda mengajukan permohonan untuk peran manajer
senior sambil mengklaim bahwa posisi Anda sebelumnya adalah direktur, perekrut
mungkin berpikir Anda terlalu tinggi kualifikasinya.
"Anda bisa kehilangan kesempatan,"
kata Rosenberg. Ia menambahkan, lebih baik menggambarkan tingkat tanggung jawab
yang tinggi pada pekerjaan Anda, bukan menaikkan posisi pekerjaan Anda
sebelumnya. Ditambah, kebenaran bisa terungkap ketika perusahaan memeriksanya.
"Jika perusahaan mengetahui Anda
berbohong,lamaran Anda mungkin langsung ditolak," kata Jennifer Greenberg,
seorang direktur penempatan di Quantum, sebuah perusahaan perekrutan eksekutif
di New York City. Kebohongan Anda pun bisa menyebar cepat. "Anda tidak
ingin orang lain dalam industri Anda berpikir bahwa Anda pembohong,"
katanya
2.
Pengalaman bekerja
Calon pelamar sering hanya menuliskan
tahun pengalaman kerja mereka, seperti, 2005 sampai 2007, bukan bulan tertentu,
katakanlah, Desember 2005 sampai Januari 2007, untuk menyembunyikan bahwa
mereka berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Namun Rosenberg
bilang lebih baik menuliskan pengalaman kerja secara langsung. "Berikan
alasan konkret untuk beberapa pekerjaan yang Anda jalani dalam waktu yang
singkat," katanya.
Sertakan dalam tanda kurung pada resume
Anda bahwa Anda meninggalkan pekerjaan itu karena relokasi perusahaan atau
bangkrutnya perusahaan. "Jika memang Anda dipecat atau habis kontrak, maka
itu di luar kendali Anda dan Anda tidak memiliki alasan untuk bersembunyi di
balik itu," katanya.
Selain itu, Anda tidak sendirian kok. Sebanyak 8,8 juta
pekerjaan hilang antara Januari 2008 dan Februari 2010. Orang juga sering menutupi berapa lama mereka
kehilangan pekerjaan, kata Greenberg.. Tapi tidak perlu untuk mengurangi enam
bulan masa Anda menganggur menjadi hanya tiga bulan pada resume Anda.
"Pengusaha memahami kok bahwa perekonomian sedang sulit," kata
Greenberg.
3.
Keterampilan
Dalam pasar yang kompetitif, Anda mungkin
ingin melebih-lebihkan keahlian teknis atau pengetahuan tentang perangkat lunak
khusus industri. Itu bukanlah ide yang baik, kata Evers Cathy, Direktur Sumber
Daya Manusia di Centrinex, di Overland Park, KS. "Pengusaha mengharapkan
kandidat untuk dapat berfungsi seperti apa yang ditulisnya pada
resumenya," katanya. Singkatnya, hanya karena Anda telah mencoba-coba
sebuah program komputer atau mengambil kelas pengantar pemrograman tidak membuat
Anda mahir di dalamnya.
Bahkan jika Anda berhasil mendapatkan
pekerjaan itu, Anda mungkin goyah ketika perusahaan menyadari kemampuan Anda
tidak sebesar seperti yang Anda katakan. Sebaliknya, ia merekomendasikan
penggambaran keterampilan Anda dalam skala: Untuk pengetahuan dasar, Anda
mengatakan "dilatih" atau "akrab dengan". Untuk pengalaman
menengah, gunakan "pemahaman yang kuat" atau "terbukti".
Dan untuk tingkat ahli, cobalah "menunjukkan keberhasilan" atau
"kemampuan yang kuat.
4.
Tingkat pendidikan
Jika Anda tidak lulus kuliah, tentukan
berapa kelas yang Anda tempuh atau jumlah kredit yang tersisa. Rosenberg
menyarankan Anda mencatat kenapa Anda keluar, contohnya, untuk berkeluarga atau
pasangan Anda pindah pekerjaan. Walaupun perekrut tidak bertanya,
memberitahukan informasi itu dapat menghapus kecurigaan. Dan untuk para
kandidat yang lulus: Selalu jujur tentang gelar Anda. Lihat apa yang terjadi
pada mantan CEO Yahoo! Scott Thompson
5.
Prestasi
Mengambil semua pujian untuk keberhasilan
tim adalah sebuah kesalahan umum di resume. "Kadang-kadang pencapaian yang
didapatkan oleh kelompok, diklaim sebagai kontribusi pribadi," kata Evers.
Jika kebenaran terungkap, Anda bisa dipecat. Alasan lain untuk menghindari
kesalahan resume ini: Ini masalah egosentris. "Perusahaan ingin tahu
bagaimana Anda bisa bekerja sama dalam kelompok kerja," kata Rosenberg.
"Mereka mencari orang yang dapat memimpin dan menginspirasi sebagai bagian
dari tim." Sampaikan kemampuan Anda untuk bekerja sama dalam resume Anda
dengan mengganti kata "saya" dengan "kita" jika sesuai.
6.
Domisili
Manajer yang mempekerjakan Anda lebih
memilih kandidat lokal, jadi mengapa tidak menggunakan alamat seorang teman
atau anggota keluarga jika Anda tidak tinggal di kota di mana Anda ingin
bekerja? Anda mungkin memiliki masalah setelah Anda menerima panggilan yang
didambakan. "Bagaimana Anda bisa ke New York pada Jumat jika Anda berada
di Ohio?" tanya Greenberg. "Apakah Anda dalam posisi untuk naik
pesawat keesokan harinya? Jika tidak, Anda harus berbohong lagi." Namun
jika Anda memang tinggal bersama seorang teman selama beberapa pekan dan
membuat Anda memiliki waktu untuk wawancara, katanya, tidak apa-apa untuk
menggunakan alamat tersebut pada resume Anda.
7.
Usia
Beberapa kandidat mengurangi sepuluh tahun
pengalaman untuk menghindari tampak terlalu tua, sementara yang lain mungkin
mengubah tanggal kelulusan karena mereka takut dianggap terlalu muda. Itu tidak
membantu. "Orang yang muncul untuk wawancara adalah Anda," kata
Rosenberg. Dan sementara, ilegal untuk melakukan diskriminasi berdasarkan usia,
perusahaan diijinkan untuk memilih kandidat terbaik untuk pekerjaan itu, yang
mungkin berarti siapa pun yang paling cocok dengan budaya perusahaan.
"Tidak ada yang dapat Anda
lakukan," kata Rosenberg. "Tugas Anda hanyalah menjadi diri Anda
sendiri dan berharap Anda sedang berhadapan dengan perusahaan dengan pikiran
terbuka dan berjalan di sana dengan sikap Anda yang percaya diri.
http://id.she.yahoo.com/tujuh-kebohongan-terburuk-dalam-cv-anda.html
No comments:
Post a Comment