Tuesday 12 June 2012

Obat herbal untuk mengatasi nyeri haid

Perempuan dan nyeri haid – Banyak wanita mengeluhkan nyeri pada saat menstruasi, bahkan ada yang sampai jatuh pingsan karena nyeri hebat yang tak tertahankan. Nyeri haid sendiri atau dismenorrhoe adalah nyeri kejang otot (spasmodik) pada perut bagian bawah dan menyebar kesisi dalam paha atau bagian bawah pinggang yang terjadi menjelang haid atau selama haid yang diakibatkan oleh kontraksi otot rahim yang dipicu oleh hormon prostaglandin.
Hal yang harus dihindari guna mengurangi nyeri pada saat haid/datang bulan adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, kafein, kopi, teh, coklat, dan soda. Perbanyak minum air hangat untuk mengurangi kram, selain itu diyakini orang-orang terdahulu bahwa suhu panas merupakan obat alami dalam mengurangi rasa sakit pada saat nyeri haid. Kalsium, vitamin B6 dan suplemen magnesium juga dapat membantu meringankan kram selama periode pramenstruasi.
Obat herbal untuk mengatasi nyeri haid
Berikut adalah beberapa macam obat herbal yang dapat membantu meringankan nyeri haid :
1.     Ubi jalar
Penelitian laboratorium menunjukkan bahwasanya ubi jalar mengandung senyawa yang disebut diosgenin, yang dapat dikonversi menjadi steroid yang berbeda, seperti estrogen sehingga mampu menjadi terapi yang alami yang baik. Untuk mendapatkan khasiatnya, ubi jalar bisa dimakan langsung dalam bentuk ubi rebus atau diolah menjadi makanan lain. Di beberapa daerah, Ubi jalar juga tersedia dalam bentuk bubuk dan pil.
2.     Bubuk Kulit Kayu Manis
  • Bubuk Kulit Kayu Manis (0,5 – 2,5 gram)
  • Air Panas (1/2 gelas)
Pemakaian:
Seduh bubuk kayu manis menggunakan air panas. Minum ramuan ini 2 kali sehari dengan dosis yang sama.
3.     Mentimun
Sangat disarankan untuk problem haid yang tidak teratur.
Bahan & caranya :
Giling halus 10 lembar daun cocor bebek, 5 jari labu air, 5 buah majakan, 1 buah mentimun, 10 lembar daun dadap srep, 10 lembar daun sambaing colok, tambahkan air garam secukupnya. Kemudian diusapkan ke perut, lalu balut. Lakukan dua kali sehari.
4.     Cengkeh
Selain untuk dikonsumsi, cengkeh juga ternyata dapat digunakan untuk mengobati nyeri disaat haid. Sediakan 5 butir cengkeh, 7 butir ketumbar, 10 gram kunyit, dan 5 gram biji pala. Setelah dicuci, rebus bahan dengan 400 cc air hangat tersisa 200 cc. Saring, lalu minum air rebusan selagi hangat. Namun jika nyeri pada saat haid masih juga tetap dirasakan,maka sebaiknya anda mengkonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

No comments:

Post a Comment