Friday 8 June 2012

Putuskan Siklus Obesitas Sejak Dini


OBESITAS bukanlah hal yang menyenangkan bagi siapa pun. Untuk itu, sebuah penelitian mengungkapkan upaya untuk memerangi obesitas harus dimulai jauh lebih awal bahkan sebelum pembuahan.
Dalam tulisan peneliti di June issue of Childhood Obesity, obesitas sejak sebelum kehamilan. Penanda penyakit jantung di kemudian hari muncul ketika bayi berusia 3 tahun. Menurut mereka, pendekatan multdisiplin dapat memutus siklus obesitas dari generasi-generasi sangat diperlukan.
Penelitian ini dilakukan enam ahli dari seluruh lembaga pemerintahan di Amerika Serikat. Mereka melakukan kajian terhadap lebih dari seribu studi dan diskusi terkait upaya yang mereka lakukan. "Risiko tinggi pada perempuan remaja menjadi risiko tinggi pada saat menjadi ibu yang memiliki bayi dengan risiko yang tinggi pula. pada gilirannya akan menjadi berisiko tinggi pada anak-anak dan remaja," jelas peneliti.
Untuk memutus siklus itu, ada dua gagasan yang diajukan peneliti. Pertama, intervensi sebelum, selama, dan sesudah kehamilan dan dengan anak yang masih sangat muda. Kedua, menggunakan sistem pendekatan yang mengkombinasikan upaya dalam berbagai pengaturan dan akun terhadap perilaku dan faktor lingkungan.
Menurut peneliti, seharusnya pendekatan sistem berfokus pada interkoneksi antara berbagai aspek lingkungan dan antara individu dengan lingkungannya, dibanding dengan fokus pada pendekatan tradisional dengan beberapa komponen. Itu artinya, harus menyelaraskan prioritas dalam pengaturan sekolah dan lembaga kesehatan

No comments:

Post a Comment