Monday 2 July 2012

Antibiotik Bisa Sebabkan Radang Usus

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi antibiotik dalam jumlah berlebihan kemungkinan bisa mengganggu bakteri dalam usus dan bisa menyebabkan penyakit radang usus (IBD).  "Ini bukan berarti antibiotik menyebabkan penyakit radang usus, tetapi cenderung bisa merusak usus di dalam tubuh kita," kata penulis Dr Charles N. Bernstein, yang mempelajari gangguan usus di Universitas Manitoba kepada Reuters Health .
Studi sebelumnya telah mengaitkan penggunaan antibiotik dan Crohn dan kolitis ulserativa yang merupakan bentukan dari IBD. Dalam studi saat ini, peneliti Kanada menemukan, 12 persen orang didiagnosis dengan dua kondisi tersebut karena telah diresepkan antibiotik selama dua atau tiga tahun, dibandingkan hanya tujuh persen yang tidak diresepkan antibiotik.
Perbedaan ini konsisten selama periode lima tahun. Dengan kata lain, jika antibiotik bertanggung jawab untuk perbedaan tersebut, maka untuk setiap 20 orang ditentukan tiga atau lebih antibiotik, akan ada satu kasus ekstra IBD.
Setelah peneliti mengambil faktor lain, mereka menemukan bahwa banyak orang yang diresepkan antibiotik, sebanyak 50 persen lebih mungkin mendapatkan penyakit Crohn dalam waktu dua sampai lima tahun. Diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology, studi ini mengamati 24.000 orang dari salah satu database IBD terbesar di Amerika Utara.
Menurut Crohn dan Colitis Foundation, diperkirakan 1,4 juta orang Amerika menderita IBD, dengan sekitar 30.000 kasus baru didiagnosa setiap tahun.  Kedua penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, dua bentuk utama dari IBD menyebabkan peradangan kronis di usus, memicu gejala-gejala seperti sakit perut, diare dan penurunan berat badan. Penyebab IBD tidak jelas, tetapi beberapa ilmuwan berpikir IBD mungkin hasil dari sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap virus atau bakteri dalam usus

http://id.she.yahoo.com/antibiotik-bisa-sebabkan-radang-usus-063000462.html

No comments:

Post a Comment